Categories
Uncategorized

Polisi Memilih Ilmu Bela Diri Berbeda

Seseorang yang mengetahui komunikasi keduanya mengatakan sudah lama Badrodin menjalin kontak telepon dengan Fadli. Bahkan, dalam beberapa kesempatan, mereka bertemu membahas perpanjangan masa jabatan. Terakhir, pada Ahad dua pekan lalu, keduanya berjumpa dalam sebuah acara di kawasan Megamendung, Bogor, Jawa Barat. Fadli mengakui beberapa kali bertemu dengan Badrodin, termasuk di Megamendung. Namun dia membantah pertemuannya dengan Badrodin terkait dengan dukungan perpanjangan masa jabatan.

Badrodin tak menyangkal pertemuannya dengan Fadli di Megamendung. Tapi, kata dia, itu tak dengan terkait perpanjangan masa jabatan. ”Itu acara pencak silat, bukan yang lain.” Kubu yang paling keras menantang perpanjangan masa jabatan Kepala Polri adalah PDI Perjuangan. Sejak awal partai ini ngotot mengusung Budi Gunawan sebagai calon Kapolri. Sebelumnya, partai berlambang banteng ini juga menjadi pengusul utama Budi sebagai Kapolri pada Januari 2015. Nama Budi saat itu dikirimkan Presiden Joko Widodo ke DPR dan kemudian diiyakan Dewan.

Namun, karena Budi menjadi tersangka di Komisi Pemberantasan Korupsi, pencalonannya kandas dan ia digantikan oleh Badrodin Haiti. Jika opsi perpanjangan masa jabatan ini terjadi, peluang Budi, yang usia pensiunnya tinggal satu setengah tahun lagi, bakal tertutup. ”Perpanjangan ini menghambat regenerasi,” ujar Sekretaris Jenderal PDI Perjuangan Hasto Kristiyanto.

Selain Budi, ada tujuh jenderal bintang tiga atau komisaris jenderal yang dianggap berpeluang menjadi orang nomor satu di Markas Kepolisian, Jalan Trunojoyo, Jakarta Selatan. Mereka adalah Inspektur Pengawasan Umum Dwi Priyatno, Kepala Badan Narkotika Nasional Budi Waseso, Kepala Badan Pemeliharaan Keamanan Putut Eko Bayu Seno, Sekretaris Utama Lembaga Ketahanan Nasional Suhardi Alius, Kepala Lembaga Pendidikan Syafruddin, dan Kepala Badan Nasional Penanggulangan Terorisme Tito Karnavian.

Selasa pekan lalu, Inspektur Jenderal Ari Dono Sukmanto dilantik menjadi Kepala Badan Reserse Kriminal Kepolisian. Dalam waktu dekat, ia menjadi jenderal bintang tiga dan masuk bursa calon Kapolri. Seseorang yang dekat dengan Presiden mengatakan Jokowi masih menimbang dua opsi tentang posisi Kapolri. Pertama, memperpanjang masa jabatan Badrodin Haiti. Menurut sumber ini, dari sejumlah diskusi di Istana, Jokowi tampak lebih condong.

Website : kota-bunga.net

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *