Categories
Berita

Peranti Alat Las Masa Kini – Mudah Penggunaannya

Peranti Alat Las Masa Kini – Mudah Penggunaannya

Bengkel las juga wajib memiliki mesin potong besi. Dengan mesin ini, pemotongan bisa dilakukan dengan mudah, ringan, dan presisi. Mesin ini umumnya digunakan untuk memotong besi cor dan pipa, bulat maupun kotak. Alat ini tidak bisa untuk memotong lembaran pelat besi. Selain untuk memotong, mesin ini juga biasa digunakan untuk menghaluskan potongan besi yang berukuran kecil. Mesin potong terdiri atas meja potong dan mesin potong.

Sumber : Jasa Seo Semarang

Pada meja potong terdapat alat penjepit besi yang hendak dipotong dan alat pengatur sudut potongan. Mesin potongnya disatukan dengan meja potong menggunakan engsel berpegas sehingga selalu dalam posisi terbuka bila tidak digunakan. Saat dioperasi kan, mesin harus ditarik ke bawah menggunakan tangan operator pada handle-nya. Begitu tombol pada handle ditekan, piringan pemotongnya akan berputar. Tambahan informasi, piringan pemotong besi ini berdiameter 180 mm – 405 mm. Hampir bisa dipastikan, bengkel las juga memerlukan bor, baik bor tangan maupun bor duduk atau bor milling.

Bor tangan dapat digunakan untuk berbagai keperluan. Mesin bor ini ringan dan tenaganya cukup kuat untuk membuat lubang pada besi. Peralatan bisa digunakan untuk mengebor dengan berbagai posisi karena tergolong handy tool. Mesin bor tangan ini banyak variannya. Ada yang putaran satu arah saja, ada pula yang dua arah. Ada yang hanya untuk mengebor besi atau kayu, ada pula yang bisa untuk mengebor beton.

Ukuran maksimal mata bor untuk mesin bor tangan terbentang dari 1 mm – 13 mm. Berbeda dengan bor tangan yang bisa digunakan oleh siapa saja, bor duduk biasanya digunakan bengkel besar. Bor jenis ini digunakan untuk mengebor besi tebal atau yang perlu dibor dengan presisi tinggi. Ukuran mesin bor ini cukup besar, berat, dan memiliki daya bor yang kuat.

Ukuran maksimal mata bornya juga lebih besar ketimbang bor tangan, yakni bisa sampai 20 mm. Gerinda tangan menjadi perlengkapan lain yang mesti dimiliki bengkel las. Peralatan ini diperlukan untuk menghaluskan bagian yang dilas sebelum dilakukan pengecatan. Gerinda tangan tak jarang juga digunakan untuk tujuan lain seperti memotong besi atau pelat besi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *