Categories
Parenting

Panci Ketemu Tutupnya

Umumnya faktor–faktor itulah yang membuat para mama sulit mencari pengasuh. Lalu bagaimana, apakah kita harus langsung menyerah begitu saja enggak punya pengasuh? Della memberi sedikit masukan tentang ini “Mencari pengasuh anak itu sama seperti proses ‘menjodohkan’. Istilahnya seperti ‘panci ketemu tutupnya’. Pe ngasuh andalan pada dasarnya memiliki pribadi yang dapat melengkapi apayang kita tidak dapat penuhi, namun sangat kita butuhkan,” jelas Della. Jadi, jangan-jangan selama ini kriteria Mama akan pengasuh belum pas. Contoh, kalau selama ini Mama selalu mencari penga suh yang good looking dan ramah untuk mengasuh bayi mungkin kurang tepat.

Baca juga : kursus bahasa Jerman di Jakarta

Karena untuk mengurus bayi, kita justru membutuhkan pe ngasuh yang gesit dan cekatan. Jadi coba Mama telusuri kembali keinginan, kebutuhan, dan kepribadian Mama. Saat mencari pengasuh, kita pun jangan sekadar mengandalkan feeling atau impresi sesaat bahwa si pengasuh terlihat sebagai pribadi yang menyenangkan. Periksa juga historis si pengasuh, dengan lebih banyak berbicara santai (tidak diinterogasi) tentang asal muasal. Seperti apa ia dibesarkan, pengalaman kerja sebelumnya, termasuk bercerita tentang bayi dan anak-anak yang pernah mereka asuh.

“Biarkan pengasuh bercerita tentang cara mereka mengasuh (evidence-based research), karena orang tidak akan dapat menjawab detail dan akan banyak memanipulasi ketika menjawab jika tidak benarbenar melakukannya. Mencoba lebih ‘kepo’ (cari tahu) di awal akan lebih bijak daripada baru mengetahui ‘sisi gelap’ mereka setelah sempat bekerja untuk kita,” tambah Della. Soal pengasuh andalan, Mariati Manurung urun rembuk di Fan Page nakita.

“Pengasuh saya sudah ikut saya hampir 5 tahun. Seumur anak saya yang kedua, Chelsea. Orangnya baik, supel, bicaranya juga sopan, punya tata krama, dan yang saya suka, dia mau belajar hal-hal yang dirasa baru dan positif. Sekarang Mbak Susan lagi belajar masak kue untuk bikinin anak-anak saya. Mama saya juga sayang sama Susan. Kata Mama, dia jujur, sopan, cekatan enggak males, dan sayang sama anak-anakku. Kalau pengasuh yang kurang menyenangkan, biasanya enggak akan bekerja lama.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *