Categories
Berita

Minum Secara Rutin dan Dapatkan Manfaat Jamu Kunyit Asam Ini

Jamu kunyit asam merupakan minuman herbal khas Indonesia yang diwariskan secara turun-menurun dari zaman dahulu.

Berbeda dengan jamu pada umumnya yang memiliki rasa pahit dan getir, kunyit asam atau kunir asem berasa asam dan segar sehingga banyak orang menyukainya.

Sampai saat ini jamu kunyit asam masih menjadi idola karena lebih alami dan tidak memiliki efek samping negatif bagi tubuh. Selain itu, cara pembuatannya juga sangat mudah dan aman untuk dikonsumsi sehari-hari.

Jamu kunyit asam yang merupakan kombinasi kunyit dan asam jawa ini terbukti berkhasiat mengobati berbagai penyakit.

Hal ini karena ternyata kunyit mengandung zat aktif yang mampu berperan sebagai analgesik (pereda nyeri), antipretik (anti demam), serta antiradang.

Manfaat Jamu Kunyit Asam

Selain itu, kunyit juga kaya akan nutrisi yang bermanfaat bagi tubuh diantaranya kandungan mineral zat besi, kalsium, kalium, natrium, vitamin A dan vitamin C, serta memiliki kandungan minyak atsiri. Nah, agar tahu lebih dalam lagi, berikut ini manfaat jamu kunyit asam bagi kesehatan dan kecantikan.

1.Mengatasi masalah haid

Jamu kunyit asam dipercaya mampu mengatasi berbagai masalah perempuan, satu diantaranya adalah masalah haid. Ketika haid, beberapa bagian tubuh seperti perut, panggul, punggung bawah, maupun payudara bisa terasa sangat nyeri.

Nah, jamu kunyit asam mampu mengatasi nyeri haid karena sifat analgesik yang ada padanya. Selain itu kunyit juga mengandung senyawa aktif yang mampu menghambat produksi hormon prostaglandin, yaitu hormon yang menyebabkan peradangan dan rasa nyeri.

Khasiat lainnya bagi wanita haid adalah kemampuan kunyit asam untuk membantu melancarkan siklus haid jika dikonsumsi secara rutin.

Kunyit bisa melancarkan haid secara aman dan alami karena mampu membantu produksi hormon estrogen secara efektif.

2.Menurunkan berat badan

Semua orang baik pria dan wanita tentu menginginkan berat badan yang ideal. Nah, Bagi seseorang yang tidak ingin bertambah gemuk atau sedang dalam program diet, mengkonsumsi jamu kunyit asam merupakan salah satu pilihan terbaik.

Hal ini karena kombinasi kunyit dengan asam mampu memperlancar peredaran darah serta membuang lemak, sehingga berat badan menjadi terkontrol.

Selain itu, kunyit asam merupakan minuman kaya nutrisi yang mampu membuat seseorang tahan rasa lapar dalam jangka waktu lama, sehingga dapat menurunkan berat badan tanpa mengurangi kondisi kesehatan.

Nah, Untuk mendapatkan manfaat menurunkan berat badan, bisa dilakukan dengan rutin minum jamu kunyit asam hangat setiap sebelum sarapan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *